Selasa, 22 Februari 2011

MEMBANGUN SPIRITUALITAS LEWAT IBADAH SHOLAT


MEMBANGUN SPIRITUALITAS  LEWAT
IBADAH SHOLAT
( Oleh : Sutarno, M.Ag)

A.    SHOLAT
            Sholat merupakan salah satu wujud nyata komunikasi langsung antara seorang hamba dan penciptanya. Melalui sholat, seorang hamba dapat berdialog dengan Allah SWT. Seorang hamba dapat memuji, memohon ampunan, mengharap pertolongan, dan berserah diri kepada Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu, Rosululloh SAW. Menyebut sholat sebagai tiang agama. Semakin bagus sholatnya, dapat diharapkan semakin kuat pula iman dan pengamalan agamnya. Sebaliknya semakin jelek sholatnya, semakin rapuh iman dan semakin jelek pula pengamalan agamanya. Sholat memiliki kedudukan yang sangat penting dalam kehidupan umat islam.
            Firman Alloh dalam Surat Al Ankabut ayat 45 :

ã@ø?$# !$tB zÓÇrré& y7øs9Î) šÆÏB É=»tGÅ3ø9$# ÉOÏ%r&ur no4qn=¢Á9$# ( žcÎ) no4qn=¢Á9$# 4sS÷Zs? ÇÆtã Ïä!$t±ósxÿø9$# ̍s3ZßJø9$#ur 3 ãø.Ï%s!ur «!$# çŽt9ò2r& 3 ª!$#ur ÞOn=÷ètƒ $tB tbqãèoYóÁs? ÇÍÎÈ
Artinya : Bacalah apa yang Telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan Dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. dan Sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

B.      AGENDA IBADAH HARIAN (SHOLAT)
            Islam adalah agama yang mudah sekaligus indah. Alloh SWT. Tidak akan menyulitkan hambanya untuk dapat melaksanakan islam dan tugas-tugas yang dibebankan.
            Firman Alloh dalam Surat Thoha  ayat 2 :
!$tB $uZø9tRr& y7øn=tã tb#uäöà)ø9$# #s+ô±tFÏ9 ÇËÈ
Artimya : Kami tidak menurunkan Al Quran Ini kepadamu agar kamu menjadi susah;
            Dari kandungan ayat Al Qur’an tersebut, betapa mudahnya melaksanakan beragam ibadah kepada Allah SWT. Misalnya sholat memerlukan waktu kurang lebih dua menit dalam satu roka’a. Dzikir kepada Alloh dapat dilaksanakan dalam hitungan menit. Kegiata ibadah agar kita selalu online dengan Allah SWT. Dapat dilakukan di mana saja, dalam kondisi apa saja sehingga dapat dilakukan bersamaan dengan kegiatan-kegiatan lain tanpa terganggu.
            Kunci agar kita selalu online dengan Allah SWT. Hanya satu, bergantung pada niat, kesungguhan dan usaha. Kebiasaan untuk selalu berkomunikasi dengan Allah tidak datang secara tiba-tiba, tetapi perlu dibangun dalam jangka panjang melalui usaha yang tidak kenal lelah dan dikerjakan secara rutin. Kegiatan berkomunikasi dengan Allah merupakan suatu investasi jangka panjang untuk kepentingan akhirat.
            Agenda ibadah pribadi dapat menjadi alat yang efektif untuk memperkuat niat, meneguhkan komitmen, dan mendisiplinkan diri dalam melakukan ibadah. Ada beberapa dasar pemikiran dan pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam menyusun sebuah agenda ibadah pribadi, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Kegiatan ibadah yang dilakukan harus selalu berdasarkan Al qur’an dan Dunnah Rasulullah SAW.
2.      Kegiatan ibadah harus sesuai dengan kemampuan diri baik darisegi waktu, tenaga, pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki.
3.      Istiqomah, artinya kegiatan ibadah dilakukan secara terus menerus dalam jangka panjang, bahkan seumur hidup.
4.      Secara sadar dan sistematis, kita terus berusaha meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah dengan terus belajar dengan berbagai cara.

C.    PENUTUP
                  Ibadah khusunya sholat yang dapat dilakukan dalam 100 menit (4,1%) sehari semalam, jika kita mampu mengagendakan, keutamaanya sangat besar. Agenda ibadah adalah salah satu upaya seorang hamba untuk mengembangkan kebiasaan, mengalokasikan waktu, tenaga, dan pemikiran agar dapat selalu berkomunikasi langsung dengan Allah SWt. Agenda ibadah sebaiknya dibuat secara tertulis, dipasang di tempat yang mudah terlihat dan terbaca. Dengan demikian akan selalu menjadi tanda pengingat apa yang mesti dilakukan untuk berkomunikasi dengan sang pencipta Allah SWT.



 

AGENDA IBADAH HARIAN WAJIB & SUNNAH INTENSIF

IBADAH
PAGI
@
SIANG
@
SORE
@
PETANG
@
MALAM
@
DINI HARI
@
TOTAL @
WAJIB
D H U H A

DZUHUR
8
ASAR
8
MAGHRIB
6
ISYA’
8
SUBUH
4
34
SUNNAH QOBLIYAH


4





4


8
SUNNAH BA’DIYAH


4



4

4


12
SUNNAH DHUHA
12










12
SUNNAH TAHAJUD










24
24
DZIKIR MIN


1

1

1

1

1
5
DO’A-DO’A


1

1

1

1

1
5
BACA ALQUR’AN






10




10
TOTAL

12

18

10

22

18

30
100

Keterangan : @ = Durasi dalam menit.        
                    Prosentase waktu 4,1 % / 1 Jam 40 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar